Pentingnya belajar komputer untuk anak

February 15, 2008 at 8:52 am (Multimedia) (, , )

Komputer saat ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Bahkan, pada beberapa bidang kerja, penggunaan komputer menjadi suatu keharusan untuk menunjang pekerjaan pada suatu perusahaan. Begitu juga dalam dunia pendidikan. Karena komputer tidak dapat dilepaskan dari dunia pendidikan. Bahkan di perguruan tinggi, ilmu komputer menjadi suatu mata kuliah yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat.

Oleh sebab itu,  pengenalan komputer pada usia dini sangat diperlukan. Namun kemudian timbul suatu pertanyaan, bagimana cara mengenalkan komputer tersebut kepada anak-anak sekolah dasar ataupun taman kanak-kanak ? salah satunya adalah memasang sebuah aplikasi game/permainan yang disukai oleh anak-anak pada usia tersebut, dan bahkan sekarang sudah banyak aplikasi CD Interaktif untuk anak-anak. Jika kita melihat ke  toko-toko yang menjual game, tentu bermacam-macam jenis game yang dapat kita temukan. Namun tidak semua game yang ada dapat menunjang apa yang diberikan di sekolah formal mereka.

Game yang berbau pendidikanlah yang sebaiknya kita berikan kepada anak-anak pada usia sekolah tersebut, karena disamping mereka bermain, meraka juga dapat belajar komputer dan belajar pelajaran yang mereka dapat disekolah.

(sumber : ilmu komputer.com)

Advertisements

2 Comments

  1. igoldedu said,

    Dunia anak adalah dunia bermain, segala hidupnya dilakukan melalui bermain, selain itu anak juga mengeksplorasi. mengajari anak bermain menggunakan komputer merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bakat dan kemampuan anak, manfaat komputer dapat memberi kontribusi perkembangan anak kendati tidak semuanya. Pembelajaran komputer untuk anak dapat dilakukan dengan cara yang sesuai dengan tingkat usia anak selain itu, orang tua dan guru juga harus memperhatikan jangan sampai terjadi penyimpangan dan berlebihan sebab anak juga butuh untuk mengembangkan kemampuan lainnya termasuk motorik dan sosial emosional seperti bermain dengan teman sebaya “peer to peer”

  2. ahmadriyadhmz said,

    emang betul, penting bnget biar gak ketinggalan , tapi kudu didampingi oleh ortu, kalo kaga bisa berabe bro.. 🙂 visit me on http://www.ahmadriyadhmz.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: